Dalam artikel kali ini kita akan melihat sebelas unsur-unsur dalam sebuah halaman yang bisa menjadi senjata rahasia Anda untuk meningkatkan penjualan Anda.
Unsur #1 – Informasi harga yang jelas dan tidak tercampur aduk
Pernahkan Anda mengecek sebuah produk secara online dan Anda tidak yakin apa perbedaan dari paket Gold dan paket Silver? Atau paket untuk Pro yang mirip-mirip dengan paket Basic? Tanpa adanya tabel atau halaman khusus yang menunjukkan perbedaan jelas tentang nilai yang dimiliki setiap produk, Anda tidak akan bisa melakukan banyak penjualan.Jadi bagaimana seseorang bisa membuat perbedaan jelas diantara banyaknya golongan dan paket produk yang mereka miliki? Cara yang paling efektif adalah menggunakan filosofi yang mudah – berfokuslah pada keuntungan, bukannya fitur,dan tekankan pada perbedaan-perbedaan yang ada. Tabel harga yang paling efektif bisa memungkinkan Anda untuk menegaskan nilai yang ingin Anda tonjolkan dari setiap pilihan yang ada, dan bisa memperlihatkan dengan jelas perbedaan dari semuanya.
Unsur #2 – Kepercayaan pelanggan
Seiiring dengan fakta bahwa ada begitu banyak transaksi yang dilakukan secara online, kurangnya interaksi secara personal melalui media ini membuat bahkan kesalahan yang kecil dalam halaman toko online Anda bisa dengan cepat menghapus kepercayaan pelanggan pada produk dan bisnis Anda.Berikan penjelasan yang jelas tentang program pengembalian uang (refund) yang anda miliki, jadi pelanggan Anda tahu bahwa mereka akan mendapat sebuah solusi saat ada yang tidak berjalan sesuai rencana. Tampilkan nomor telepon dan alamat kantor Anda, atau bahkan tawarkan chatting langsung di situs Anda, untuk membantu Anda menanggulangi pertanyaan-pertanyaan yang muncul sebelum pembelian.
Unsur #3 – “Social Proof” yang tidak biasa
Bukan menjadi rahasia lagi bahwa ‘social proof’ membantu menaikkan tingkat penjualan, tapi biasanya hanya digunakan dalam bentuk logo atau dukungan dari selebriti.Pakailah cara yang tidak biasa digunakan untuk menciptakan ‘social proof’, pakailah orang-orang yang memang berbelanja di toko Anda ditambah foto mereka. Bagikan cerita tentang kasus yang penting atau anekdot dari klien.
Memasukkan ‘social proof’ ke dalam halaman produk Anda adalah cara untuk menambah dan menguatkan pengaruh positif dari sebuah produk kepada pelanggan Anda. Hal itu bisa berbentuk apa saja, dimulai dari testimonial pelanggan, rating, atau sekedar memberitahu jumlah barang yang tersisa dalam inventori Anda.
Unsur #4 – Perlihatkan dan katakanlah
Banyak halaman produk yang menyediakan terlalu sedikit penjelasan tentang apa yang sebenarnya dibeli oleh pelanggan Anda. Hal ini sangat jelas pada halaman penjualan software, jika Anda menjual sebuah software, maka tunjukkan apa yang bisa dilakukannya melalui sebuah demo. Gunakanlah fungsi yang dimiliki produk tersebut untuk menjual dirinya sendiri.Unsur #5 – Fitur Close-up yang baik
Tentunya, kebanyakan halaman produk memiliki gambar yang besar tentang produk yang ditawarkan. Tapi bagaimana kalau kita ingin melihat bagian belakangnya? Bagian bawahnya? Detail jahitannya? Tanyakan pada diri Anda sendiri, “bagaimana cara saya bisa melihat produk secara keseluruhan dan lebih personal sebelum saya membelinya?”Unsur #6 – Pilihan! Pilihan! Pilihan!
Mirip dengan menampilkan beberapa foto untuk sebuah produk, sebuah unsur yang sering dilupakan adalah menampilkan variasi dari sebuah produk. Sebagai contoh, apakah ada versi lain dari produk tersebut yang memiliki tambahan khusus? Adakah model yang menggunakan bahan berbeda dan tekstur yang lebih kasar atau lembut?Ingatlah bahwa gambar-gambar yang Anda letakkan di halaman produk adalah satu-satunya faktor yang dimiliki pelanggan dalam membuat keputusan, jadi jika mereka tidak bisa melihat dengan jelas apa yang akan mereka dapat, mereka mungkin akan ragu-ragu dalam melakukan transaksi.
Unsur #7 – Berinvestasilah dalam penulisan
Salah satu bagian pokok dari sebuah halaman produk adalah bagian fitur dan detail dari sebuah produk. Seringkali, kebanyakan toko hanya akan menampilkan poin-poin tersebut dalam sebuah daftar biasa, dan membiarkannya begitu saja.Daftar seperti itu akan memberatkan pengunjung karena mereka harus menentukan sendiri keuntungan yang benar-benar dimiliki produk yang bersangkutan. Anda akan membuat mereka berpikir keras karena mereka yang bertugas menentukan perbedaan dan kelebihan produk Anda dengan kompetitor.
Berfokus pada kelebihan dan keuntungan yang akan didapat pengguna Anda akan sangat membantu mereka, karena hal ini akan menjawab pertanyaan paling penting yang ada dalam benak pengunjung: Kenapa saya harus membeli produk ini? Hal ini bisa dicapai dengan cara penulisan yang baik dalam halaman produk. Sebuah tulisan yang baik akan membantu sebuah produk untuk lebih diminati, dan sekaligus menghibur pengunjung situs Anda.
Unsur #8 – Kecepatan memuat sebuah halaman
Sangat lucu bahwa salah satu unsur yang diabaikan dari desain sebuah halaman produk bahkan tidak ada dalam halaman tersebut – atau setidaknya, tidak terlihat. Kecepatan untuk memuat sebuah halaman bisa menjadi faktor yang sangat menentukan apakah pengunjung Anda akan membeli atau langsung pergi saja. Ini artinya Anda harus tetap memperhatikan kecepatan saat mendesain halaman produk Anda, terutama jika Anda berencana menggunakan gambar dalam jumlah banyak, atau media lain yang berukuran besar.Berdasarkan hasil studi baru-baru ini, pengguna akan menentukan bagus tidaknya sebuah website dalam 3 detik, yang artinya makin lama Anda membuat mereka menunggu, makan makin kecil kemungkinan Anda bisa menarik perhatian mereka. Jangan membuat pelanggan (atau calon pelanggan) Anda menunggu terlalu lama!
Unsur #9 – Langkah berikutnya yang jelas
Mungkin ini adalah kesalahan terbesar dalam sejarah internet, tapi terlalu banyak halaman produk dipenuhi dengan berbagai pilihan aksi yang bisa diambil pengunjung. Contohnya: melihat foto pengunjung, melihat harga, meminta bantuan, berbicara dengan representatif, membaca ulasan. Tanpa desain yang baik, semua hal tersebut akan bercampur menjadi kekacauan, dan membuat pelanggan Anda merasa kebingungan.Unsur #10 – Penjualan secara tidak langsung
Jika Anda menjual software atau jasa, maka tanpa penjualan tidak langsung Anda pasti kehilangan beberapa kesempatan. Bisakah Anda memberikan masa percobaan gratis? Jasa gratis untuk satu bulan? Bisakah pengunjung mendaftarkan sebuah akun tanpa membayar, mendownload software secara gratis lalu tinggal mengaktifkannya nanti, atau bermain menggunakan versi demo?Unsur #11 – Jalur yang tepat
Seberapa banyak langkah yang diperlukan antara halaman produk Anda, dan halaman konfirmasi transaksi? Jika Anda tidak tahu, mungkin langkahnya terlalu banyak. Jika hal ini terjadi pada situs Anda, jangan terlalu banyak berharap mendapat banyak penjualan.Jika pelanggan sedang berada dalam halaman konfirmasi, maka bawa mereka menuju halaman transaksi akhir secepat dan seefisien mungkin. Jangan membuat proses pembelian mereka selayaknya sebuah perjalanan berat, yang memungkinkan mereka berpikir untuk tidak jadi membeli sepanjang waktu tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar