Rabu, 12 Maret 2014

11 Elemen Website yang Dapat Membantu Penjualan Online tapi Sering Diabaikan

Halaman produk mungkin merupakan halaman terpenting dari situs Anda. Itu adalah poin dimana pengguna memutuskan untuk membeli atau terus berjalan pergi. Sesuatu yang aneh dengan halaman produk adalah, halaman tersebut memiliki beberapa unsur tersendiri yang kadang diabaikan, dan hal ini dapat merusak tingkat konversi oleh halaman produk Anda.
Dalam artikel kali ini kita akan melihat sebelas unsur-unsur dalam sebuah halaman yang bisa menjadi senjata rahasia Anda untuk meningkatkan penjualan Anda.

Unsur #1 – Informasi harga yang jelas dan tidak tercampur aduk

Pernahkan Anda mengecek sebuah produk secara online dan Anda tidak yakin apa perbedaan dari paket Gold dan paket Silver? Atau paket untuk Pro yang mirip-mirip dengan paket Basic? Tanpa adanya tabel atau halaman khusus yang menunjukkan perbedaan jelas tentang nilai yang dimiliki setiap produk, Anda tidak akan bisa melakukan banyak penjualan.
Jadi bagaimana seseorang bisa membuat perbedaan jelas diantara banyaknya golongan dan paket produk yang mereka miliki? Cara yang paling efektif adalah menggunakan filosofi yang mudah – berfokuslah pada keuntungan, bukannya fitur,dan tekankan pada perbedaan-perbedaan yang ada. Tabel harga yang paling efektif bisa memungkinkan Anda untuk menegaskan nilai yang ingin Anda tonjolkan dari setiap pilihan yang ada, dan bisa memperlihatkan dengan jelas perbedaan dari semuanya.

Unsur #2 – Kepercayaan pelanggan

Seiiring dengan fakta bahwa ada begitu banyak transaksi yang dilakukan secara online, kurangnya interaksi secara personal melalui media ini membuat bahkan kesalahan yang kecil dalam halaman toko online Anda bisa dengan cepat menghapus kepercayaan pelanggan pada produk dan bisnis Anda.
Walaupun begitu, banyak cara untuk membangun kepercayaan, dan hampir semuanya mudah untuk diimplementasikan. Sebagai contoh, jadi Anda menggunakan sertifikasi SSL untuk mengamankan transaksi yang terjadi, terutama saat Anda mencatat nomor kartu kredit, tunjukkan hal tersebut! Banyak pelanggan tahu bagaimana menguji keamanan sebuah halaman web saat melakukan transaksi secara online, jadi mereka akan mencari logo gembok yang biasanya menandakan keamanan.
Berikan penjelasan yang jelas tentang program pengembalian uang (refund) yang anda miliki, jadi pelanggan Anda tahu bahwa mereka akan mendapat sebuah solusi saat ada yang tidak berjalan sesuai rencana. Tampilkan nomor telepon dan alamat kantor Anda, atau bahkan tawarkan chatting langsung di situs Anda, untuk membantu Anda menanggulangi pertanyaan-pertanyaan yang muncul sebelum pembelian.
Akhirnya, tentukan sebuah ekspektasi bagi pelanggan Anda, kapan dan bagaimana mereka akan mendengar kabar dari Anda. Hal itu merupaka cara mudah untuk berkomunikasi, daripada membiarkan pelanggan Anda merasa digantung dan tidak tahu apakah pertanyaan mereka sudah dijawab atau belum.

Unsur #3 – “Social Proof” yang tidak biasa

Bukan menjadi rahasia lagi bahwa ‘social proof’ membantu menaikkan tingkat penjualan, tapi biasanya hanya digunakan dalam bentuk logo atau dukungan dari selebriti.
Pakailah cara yang tidak biasa digunakan untuk menciptakan ‘social proof’, pakailah orang-orang yang memang berbelanja di toko Anda ditambah foto mereka. Bagikan cerita tentang kasus yang penting atau anekdot dari klien.
Memasukkan ‘social proof’ ke dalam halaman produk Anda adalah cara untuk menambah dan menguatkan pengaruh positif dari sebuah produk kepada pelanggan Anda. Hal itu bisa berbentuk apa saja, dimulai dari testimonial pelanggan, rating, atau sekedar memberitahu jumlah barang yang tersisa dalam inventori Anda.
Netfix terkenal karena algoritma rating film yang mereka miliki, yang memperhitungkan rating semua member secara keseluruhan, dan menggunakannya untuk memprediksi rating untuk setiap user. Sangat menyenangkan saat Anda bisa mengetahui bahwa sebuah film akan cocok dengan selera Anda, dan hasil penilaiannya bukan hanya berdasar pada film yang sudah Anda tonton, tapi juga bersumber dari film yang ditonton orang lain yang memiliki selera mirip dengan Anda.

Unsur #4 – Perlihatkan dan katakanlah

Banyak halaman produk yang menyediakan terlalu sedikit penjelasan tentang apa yang sebenarnya dibeli oleh pelanggan Anda. Hal ini sangat jelas pada halaman penjualan software, jika Anda menjual sebuah software, maka tunjukkan apa yang bisa dilakukannya melalui sebuah demo. Gunakanlah fungsi yang dimiliki produk tersebut untuk menjual dirinya sendiri.
Cobalah lihat tur produk yang luar biasa milik Joyride, sebuah plugin yang dikhususkan untuk membuat tur produk. Dengan segera mereka akan mengkomunikasikan keuntungan inti dari sebuah produk dengan menggunakan fungsi produk tersebut untuk mendemonstrasikan dirinya sendiri.

Unsur #5 – Fitur Close-up yang baik

Tentunya, kebanyakan halaman produk memiliki gambar yang besar tentang produk yang ditawarkan. Tapi bagaimana kalau kita ingin melihat bagian belakangnya? Bagian bawahnya? Detail jahitannya? Tanyakan pada diri Anda sendiri, “bagaimana cara saya bisa melihat produk secara keseluruhan dan lebih personal sebelum saya membelinya?”
Menawarkan sejumlah gambar yang cocok untuk sebuah produk akan memungkinkan pengunjung situs Anda bisa merasakan sedekat mungkin dengan produk tersebut secara digital. Anda bisa saja menyediakan gambar dengan resolusi tinggi agar user bisa melakukan pembesaran untuk melihat detail yang mereka butuhkan dengan kualitas gambar yang tidak menurun.

Unsur #6 – Pilihan! Pilihan! Pilihan!

Mirip dengan menampilkan beberapa foto untuk sebuah produk, sebuah unsur yang sering dilupakan adalah menampilkan variasi dari sebuah produk. Sebagai contoh, apakah ada versi lain dari produk tersebut yang memiliki tambahan khusus? Adakah model yang menggunakan bahan berbeda dan tekstur yang lebih kasar atau lembut?
Ingatlah bahwa gambar-gambar yang Anda letakkan di halaman produk adalah satu-satunya faktor yang dimiliki pelanggan dalam membuat keputusan, jadi jika mereka tidak bisa melihat dengan jelas apa yang akan mereka dapat, mereka mungkin akan ragu-ragu dalam melakukan transaksi.
Mungkin Anda tidak hanya menampilkan gambar dalam jumlah dan sudut yang bervariasi, tapi bisa saja Anda menampilkan semua gambar kombinasi warna yang mungkin untuk produk Anda. Untuk menambah poinnya, bisa saja Anda membolehkan pelanggan Anda untuk masuk ke daftar email Anda sehingga mereka bisa mendapat notifikasi saat warna yang mereka inginkan sudah ada.

Unsur #7 – Berinvestasilah dalam penulisan

Salah satu bagian pokok dari sebuah halaman produk adalah bagian fitur dan detail dari sebuah produk. Seringkali, kebanyakan toko hanya akan menampilkan poin-poin tersebut dalam sebuah daftar biasa, dan membiarkannya begitu saja.
Daftar seperti itu akan memberatkan pengunjung karena mereka harus menentukan sendiri keuntungan yang benar-benar dimiliki produk yang bersangkutan. Anda akan membuat mereka berpikir keras karena mereka yang bertugas menentukan perbedaan dan kelebihan produk Anda dengan kompetitor.
Berfokus pada kelebihan dan keuntungan yang akan didapat pengguna Anda akan sangat membantu mereka, karena hal ini akan menjawab pertanyaan paling penting yang ada dalam benak pengunjung: Kenapa saya harus membeli produk ini? Hal ini bisa dicapai dengan cara penulisan yang baik dalam halaman produk. Sebuah tulisan yang baik akan membantu sebuah produk untuk lebih diminati, dan sekaligus menghibur pengunjung situs Anda.
Tidak percara bahwa hal ini cukup penting untuk diperhatikan? Groupon, sebuah perusahaan dengan IPO yang luar biasa tahun lalu, membuat produk mereka berbeda dari yang lain dengan cara menyewa sekelompok komedian untuk menulis. Thinkgeek juga membuat penulisan dalam halaman produk mereka dengan sesuatu yang bersemangat, sesuatu yang akan menghibur target pasarnya.

Unsur #8 – Kecepatan memuat sebuah halaman

Sangat lucu bahwa salah satu unsur yang diabaikan dari desain sebuah halaman produk bahkan tidak ada dalam halaman tersebut – atau setidaknya, tidak terlihat. Kecepatan untuk memuat sebuah halaman bisa menjadi faktor yang sangat menentukan apakah pengunjung Anda akan membeli atau langsung pergi saja. Ini artinya Anda harus tetap memperhatikan kecepatan saat mendesain halaman produk Anda, terutama jika Anda berencana menggunakan gambar dalam jumlah banyak, atau media lain yang berukuran besar.
Berdasarkan hasil studi baru-baru ini, pengguna akan menentukan bagus tidaknya sebuah website dalam 3 detik, yang artinya makin lama Anda membuat mereka menunggu, makan makin kecil kemungkinan Anda bisa menarik perhatian mereka. Jangan membuat pelanggan (atau calon pelanggan) Anda menunggu terlalu lama!
Pemain besar dalam dunia penjualan online, Amazon, memiliki halaman produk yang sangat cepat dimuat, sesuatu yang harus dimiliki, ketika jeda beberapa detik bisa berarti kehilangan banyak pelanggan potensial.

Unsur #9 – Langkah berikutnya yang jelas

Mungkin ini adalah kesalahan terbesar dalam sejarah internet, tapi terlalu banyak halaman produk dipenuhi dengan berbagai pilihan aksi yang bisa diambil pengunjung. Contohnya: melihat foto pengunjung, melihat harga, meminta bantuan, berbicara dengan representatif, membaca ulasan. Tanpa desain yang baik, semua hal tersebut akan bercampur menjadi kekacauan, dan membuat pelanggan Anda merasa kebingungan.
Mungkin Anda sangat tertarik untuk menggunakan halaman produk Anda semaksimal mungkin, tapi ingatlah bahwa fokus dan kejelasan adalah kunci utama untuk benar-benar menuntun pelanggan Anda ke arah tujuan utama Anda, penjualan. Beberapa cara umum untuk mendesain adalah menggunakan tombol yang kontras dengan background, unik, dan tidak mengelilingi tombol aksi dengan hal-hal lain.

Unsur #10 – Penjualan secara tidak langsung

Jika Anda menjual software atau jasa, maka tanpa penjualan tidak langsung Anda pasti kehilangan beberapa kesempatan. Bisakah Anda memberikan masa percobaan gratis? Jasa gratis untuk satu bulan? Bisakah pengunjung mendaftarkan sebuah akun tanpa membayar, mendownload software secara gratis lalu tinggal mengaktifkannya nanti, atau bermain menggunakan versi demo?
Seringkali, pengguna tidak akan mau memutuskan untuk membeli produk Anda begitu saja. Karena itu, Anda harus membuat mereka terpancing dengan cara penjualan kecil-kecilan yang tidak akan terlalu membebani mereka. Dengan cara membangun hubungan Anda dengan membuat pengguna melakukan komitmen kecil untuk membeli, Anda sedang membangun jalan menuju penjualan yang besar.

Unsur #11 – Jalur yang tepat

Seberapa banyak langkah yang diperlukan antara halaman produk Anda, dan halaman konfirmasi transaksi? Jika Anda tidak tahu, mungkin langkahnya terlalu banyak. Jika hal ini terjadi pada situs Anda, jangan terlalu banyak berharap mendapat banyak penjualan.
Jika pelanggan sedang berada dalam halaman konfirmasi, maka bawa mereka menuju halaman transaksi akhir secepat dan seefisien mungkin. Jangan membuat proses pembelian mereka selayaknya sebuah perjalanan berat, yang memungkinkan mereka berpikir untuk tidak jadi membeli sepanjang waktu tersebut.
Lawanlah keinginan untuk mengalihkan pengguna Anda dengan apapun yang akan membawa mereka pergi dari jalur transaksi pembelian Anda. Jangan membawa mereka ke bagian lain dari situs Anda hanya karena mereka sepertinya akan menyukainya. Jangan ganggu mereka dengan tautan ke postingan terakhir Anda. Anda sudah bekerja keras untuk membawa pengunjung menuju tahap ini, jadi biarkan mereka menyelesaikan transaksi sebelum Anda membawa mereka ke halaman lain.

Kesimpulan

Halaman produk bisa menjadi sebuah proses dansa yang sulit, dimana sebuah langkah yang salah akan membuat Anda kehilangan kepercayaan dari pasangan dansa Anda, dalam hal ini, pengunjung situs Anda. Gunakanlah waktu untuk menyiapkan setiap elemen diatas dengan baik dan dengan itu, kemungkinan besar Anda bisa mendapat penjualan yang tinggi dan mendapat hasil yang lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar