Tentunya Sebuah startup memiliki kewajiban untuk membangun sebuah
produk yang diminati konsumen. Tetapi sebuah kesalahan ketika semua hal
hanya berhenti pada proses penciptaan sebuah produk. Pada dasarnya
terdapat faktor lain mengapa konsumen pada akhirnya memiliki keintiman
khusus yang mempererat dirinya terhadap sebuah Produk. Yaitu hadirnya
Komunitas.
Komunitas sendiri kini telah menjelma menjadi Nyawa baru sebuah
produk. Karena pada dasarnya Konsumen membutuhkan figur refleksi dari
dirinya dan produk yang dia gunakan. Konsumen membutuhkan adanya tempat
bertanya dan berkonsultasi sebagai sesama penikmat sebuah produk. Dan
Konsumen membutuhkan keyakinan bahwa terdapat sekelompok orang yang
memiliki kesamaan minat serta selera. Inilah yang membangun loyalitas
mereka.
Lantas apa yang harus dilakukan oleh pemilik Produk untuk membentuk basis komunitas yang tepat?
1. Kenali dan Pahami Mereka beserta tujuannya.
Tentu saja percuma apabila anda ingin memberikan yang terbaik kepada
komunitas anda, tanpa anda mengenal siapa mereka dan apa tujuan mereka
terkait dengan penggunaan produk anda,
2. Konsistensi Komunikasi
Bentuklah model komunikasi yang konsisten. Anda bisa memanfaatkan
Milis serta akun media sosial anda. Lewat media tersebut, anda wajib
hadir dan merespon semua bentuk komunikasi dari komunitas anda
3. Beri Akses Partisipasi
Hadirkan kesempatan untuk mereka berpartisipasi terkait dengan produk
anda. Mulai dari hal yang sangat kecil, misalnya anda melibatkan
pendapat mereka dalam rencana penambahan fitur baru. Ini akan membentuk
rasa memiliki serta kebanggaan yang kuat terhadap produk.
4. Buat Semuanya Mudah
Jangan Pernah persulit Komunitas anda. Beri kemudahan dalam proses
apapun selama itu masih memungkinkan terkait dengan mereka dan produk
anda.
5. Beri Kebanggaan pad Komunitas
Tanamkanlah sebuah kebanggaan. Rasa berbeda yang mereka peroleh
ketika mereka menggunakan produk anda. Hal ini yang akan menciptakan
perasaan berbeda ketika mereka bertemu dengan pemakai produk kompetitor.
6. Edukasi Komunitas
Rata-rata komunitas Loyal memiliki pengetahuan yang lebih daripada
pemakai biasa produk anda. Dengan anda memberikan edukasi yang lebih
mengenai produk anda, komunitas akan menjadi duta dalam menyebarkan
informasi serta memberikan kebanggaan tersendiri bagi mereka.
7. Jangan Pernah Paksakan Peraturan
Anda tidak akan bisa menetapkan Peraturan yang kaku terhadap
komunitas anda. Pada dasarnya, peraturan yang paling berlaku bagi mereka
adalah peraturan yang terbentuk secara alami dari keseharian mereka.
8. Fasilitasi mereka untuk bertemu Komunitas lain
Kebanggaan sebuah komunitas adalah ketika mereka merasa solid dan
mereka bertemu dengan komunitas yang lain. Ketika anda merasa telah pada
waktu yang tepat, fasilitasi mereka untuk bertemu dan berbagi dengan
komunitas lain.
9. Ciptakan Kopdar yang Rutin
Tidak ada artinya apabila anda memperkuat basis komunitas yang pada
kenyataannya tidak pernah bertemu langsung. Keintiman yang nyata justru
hadir ketika mereka sudah pernah bertemu dan menyapa di dunia nyata.
Memfasilitasi pertemuan mereka adalah kewajiban untuk anda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar